Recent Posts

.img400{width:340px;height:250px;}.img400 img{width:340px;height:250px;border:0;z-index:80;}.cursor{cursor:pointer;}.h250{height:250px;}.min250{margin-top:-250px;}.des_4{background:#000;padding:3px 8px;filter:alpha(opacity=80);-moz-opacity:.80;opacity:.80;width:60px;color:#F60;margin-bottom:2px;z-index:990;}.des_1{background:#000;height:57px;padding:3px 10px 0 10px;filter:alpha(opacity=75);-moz-opacity:.75;opacity:.75;z-index:990;}.des_1a{background:#000;height:50px;padding:10px 10px 0 10px;filter:alpha(opacity=75);-moz-opacity:.75;opacity:.75;margin-top:-60px;}.font16{font-size:13px;}.font16{font-size:14px;}.c_white{color:#FFF;}.c_white a{text-decoration:none;color:#FFF;}.c_white a:hover{text-decoration:underline;}.page_hl a{font:bold 12px arial;color:#FFF;text-decoration:none;padding:2px 5px;display:inline;background:#000;filter:alpha(opacity=60);-moz-opacity:.60;opacity:.60;}.page_hl a:hover,.page_hl a.selected{color:#FFF;text-decoration:none;background:#000;filter:alpha(opacity=95);-moz-opacity:.95;opacity:.95;}.page_hl span a{color:#FFF;text-decoration:none;background:#F30;filter:alpha(opacity=90);-moz-opacity:.90;opacity:.90;}.pd_5{padding:5px;}.clearit{clear:both;margin:0;padding:0;}.pb_10{padding-bottom:10px;}

Minggu, 08 Januari 2012

Rafting Sungai Oyo di Kawasan Goa Pindul, Gunung Kidul, Yogyakarta

Di komplek wisata Goa Pindul, kita dapat menikmati 3 kegiatan yang cukup menantang, yaitu Susur Goa Pindul, Rafting Sungai Oyo dan Susur Goa Gelatik. Rafting Sungai Oyo memiliki panjang lintasan 1,5 km dan membutuhkan waktu tempuh 1-2  jam.


Perjalanan ke Tempat Rafting

Karena lokasinya yang masih sangat alami dan belum banyak mendapat sentuhan, akses ke rafting sungai Oyo cukup menantang. Kita akan diangkut dengan kendaraan bak terbuka hingga persawahan yang banyak ditanami kayu putih.
Lokasi Dropping
Persiapan menuju tempat rafting
Perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki melewati pematang sawah menuju tempat rafting.
Menyusuri pematang sawah menuju lokasi rafting

Dan.. Byurr.. Kami menaiki ban mengikuti aliran sungai.. Rafting Cuyy..
Rafting dimulai!

Pemandangan di Lintasan Rafting

Pemandangan yang masih alami ada di depan mata. Sungai Oyo tempat kami rafting diapit oleh batuan kapur dengan kontur yang terbentuk dari aliran air.

Terdapat beberapa air terjun di sepanjang aliran sungai Oyo. Pemandu mempersilahkan kami untuk bermain di air terjun pertama.


Bercengkerama di air terjun kecil

Dan ternyata, pemandu ngerjain kami. Air terjun yang pertama ini berasal dari persawahan yang ada di atas sungai :(

Pemandu kemudian mengajak kami menuju air terjun berikutnya. Agar tidak kembali dikerjain, kami memastikan apakah air terjun berikutnya juga berasal dari persawahan. Dan jawabannya tidak.


Setelah melewati beberapa air terjun kecil, kami sampai di air terjun yang paling besar. Kami diberi waktu cukup lama berada di sini. 

Pemandu mengajak kami untuk ‘pijat refleksi kepala’.. What?! Ternyata yang dimaksud pemandu adalah menempatkan kami di bawah aliran deras air terjun ini. Hmmm... 

Foto berikut: Refleksi kepala atau refleksi wajah? :D


Kedalaman air di area air terjun ini cukup dalam. Pemandu menantang kami untuk terjun dari tebing setinggi 17 meter di atas permukaan air sungai. ‘Ada yang berani?’



Kembali ke Basecamp
Di akhir perjalanan, kami telah dijemput kendaraan bak terbuka untuk kembali ke basecamp.

Lokasi
Rafting sungai Oyo terletak satu kompleks dengan area susur goa pindul.
Kawasan ini terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul atau sekitar 1,5 jam dari kota Yogyakarta.



Akses
Dengan kendaraan pribadi dari  kota Yogyakarta: 
Yogyakarta - Jl. Wonosari - Hutan bunder (jalan berliku-liku dan menanjak) - Lapangan terbang Gading (kiri jalan) - Wonosari kota - Bunderan Siyono (bunderan dengan air mancur): belok kiri - ikuti jalan utama - Pertigaan dengan tugu di tengah jalan: belok kiri. 
Jangan khawatir, letak goa Pindul ini sudah diketahui masyarakat setempat dengan baik. Di beberapa persimpangan jalan sudah tersedia papan petunjuk jalan menuju Goa Pindul meskipun dengan papan sederhana.

Dengan kendaraan umum:
Bus jurusan Yogyakarta – Wonosari, turun di Wonosari kota. Tarif bus sekitar Rp. 6.000 -  Rp. 10.000, kemudian lanjutkan dengan ojek dengan tarif antara Rp. 10.000 - Rp. 15.000.

Harga Tiket
Hanya dengan membayar Rp. 30.000,- per orang, anda akan mendapatkan fasilitas berupa pemandu, pelampung, sepatu karet, ban, asuransi dan loker tempat penyimpanan barang.

5 comments:

Luaaaaaarr Biasaaaaa sungguh pengalaman yang luar biasa.....Nice Trip in Gua Pindul n Oya River...

Artikelnya sangat menarik
Apakah anda juga mau rafting yang lebih menarik dan menantang, bergabunglah bersama kami di Noars Rafting di Probolinggo, untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di :
0341-582032 / 085755059965
atau blog kami di : http://www.noarsraftingprobolinggo.blogspot.com/

Aryikelnya sangat menarik dan terima kasih sudah membuat artikel wisata gunungkidul,jadi makin bangga menjadi warga gunungkidul,silahkan kunjungi web kami www.visitsrigethuk.com. mohon kritik dan sarsnya yak

Aryikelnya sangat menarik dan terima kasih sudah membuat artikel wisata gunungkidul,jadi makin bangga menjadi warga gunungkidul,silahkan kunjungi web kami www.visitsrigethuk.com. mohon kritik dan sarsnya yak

Terimkasih sudah berkunjung, kami tunggu kunjungan selanjutnya..:))

Posting Komentar